Sabtu, 24 November 2012

my artikel


PEMBELAJARAN KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI
Di zaman yang serba modern sekarang ini kita selalu dituntut untuk tahu akan perkembangan-pekembangan yang ada, terutama dari sisi teknologi yang makin lama makin berkembang dan makin modern, untuk itu perlulah adanya pembelajaran tentang teknologi  itu khususnya untuk anak anak yang sudah selayaknya diperkenalkan teknologi sejak dini agar mereka tidak canggung ketika dewasa nanti. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.


 Saat ini Pembelajaran komputer Bagi anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif,  misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.

Salah satu karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kita tidak boleh bosan dengan banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang.
Mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan Komputer, Anak mulai diperkenalkan dengan computer sejak usia 3-4 tahun Menurut Catherine dan Glenn de Padua, karena di usia ini anak sudah memiliki kemampuan dasar seperti berjalan dan berbicara, maka dari itulah anak dapat mencobakan pembelajaran komputer secara langsung.
Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia. Contoh yang dapat disampaikan misalnya:

1.      Pengatur lalu lintas udara di bandara menggunakan komputer untuk mengatur jadwal penerbangannya
2.      Dokter menggunakan komputer untuk membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien
3.       Perusahaan percetakan menggunakan komputer untuk mengatur tata letak berita dan ilustrasi yang terdapat dalam koran atau majalah
4.      Pelajar dan mahasiswa menggunakan komputer untuk mengetik, mencari dan memperoleh informasi serta menyelesaikan tugas-tugas sekolah
5.       Perkantoran menggunakan komputer untuk membuat administrasi
6.      Komputer dengan kemampuan multimedia mampu menampilkan informasi secara nyata yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan sebagainya
7.      Dengan teknologi yang ada pada komputer manusia dapat terhubung secara luas dengan seluruh jaringan yang ada di dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah internet
Sebagai sebuah teknologi, penggunaan komputer untuk keperluan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan juga keterbatasan. Adapun kelebihan komputer sebagai sarana untuk belajar antara lain:
·         Siswa dapat mengontrol kegiatan belajarnya sendiri
·         Program komputer dapat mencatat secara otomatis prestasi dan hasil belajar siswa
·         Dapat digunakan untuk mengelola informasi yang telah diperoleh melalui sebuah proses belajar
·         Memberikan pengalaman belajar yang variatif
·         Melatih kemampuan individu untuk berpikir secara logis dan sistematis
Sebagai media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar komputer, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.


         Kini komputer juga diramu dengan game-game dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.


         Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi    

        Kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial.Kecanduan bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan terlebih dahulu. Orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain. Misal, memberikan waktu bermain pada hari libur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar