Di zaman
yang serba modern sekarang ini kita selalu dituntut untuk tahu akan
perkembangan-pekembangan yang ada, terutama dari sisi teknologi yang makin lama
makin berkembang dan makin modern, untuk itu perlulah adanya pembelajaran
tentang teknologi itu khususnya untuk anak anak yang sudah selayaknya
diperkenalkan teknologi sejak dini agar mereka tidak canggung ketika dewasa
nanti. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah
bangsa.
Saat
ini Pembelajaran komputer Bagi anak usia dini sangat berpengaruh pada
perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih
kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, misalnya kecerdasan kognitif
mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah
kemampuan untuk berpikir kritis.
Salah satu
karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat
besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang
menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kita tidak boleh bosan dengan banyak
pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui
termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya
diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang.
Mengenal
manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan Komputer, Anak mulai diperkenalkan
dengan computer sejak usia 3-4 tahun Menurut Catherine dan Glenn de Padua,
karena di usia ini anak sudah memiliki kemampuan dasar seperti berjalan dan berbicara,
maka dari itulah anak dapat mencobakan pembelajaran komputer secara langsung.
Langkah awal
dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan
menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan
manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia.
Contoh yang dapat disampaikan misalnya:
1. Pengatur lalu lintas udara di
bandara menggunakan komputer untuk mengatur jadwal penerbangannya
2. Dokter menggunakan komputer untuk
membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien
3. Perusahaan percetakan
menggunakan komputer untuk mengatur tata letak berita dan ilustrasi yang
terdapat dalam koran atau majalah
4. Pelajar dan mahasiswa menggunakan
komputer untuk mengetik, mencari dan memperoleh informasi serta menyelesaikan
tugas-tugas sekolah
5. Perkantoran menggunakan
komputer untuk membuat administrasi
6. Komputer dengan kemampuan
multimedia mampu menampilkan informasi secara nyata yang dapat dimanfaatkan
sebagai sarana hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik, menonton film,
bermain game dan sebagainya
7. Dengan teknologi yang ada pada
komputer manusia dapat terhubung secara luas dengan seluruh jaringan yang ada
di dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah internet
Sebagai
sebuah teknologi, penggunaan komputer untuk keperluan pembelajaran tentunya
memiliki kelebihan dan juga keterbatasan. Adapun kelebihan komputer sebagai
sarana untuk belajar antara lain:
· Siswa dapat
mengontrol kegiatan belajarnya sendiri
· Program komputer
dapat mencatat secara otomatis prestasi dan hasil belajar siswa
· Dapat digunakan
untuk mengelola informasi yang telah diperoleh melalui sebuah proses belajar
· Memberikan
pengalaman belajar yang variatif
· Melatih
kemampuan individu untuk berpikir secara logis dan sistematis
Sebagai
media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan
menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan
anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak. Dalam
kaitan ini, komputer dalam proses belajar komputer, akan melahirkan suasana
yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat
anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh
lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar
berkonsentrasi.
Kini komputer juga diramu dengan game-game dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi
Kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak
menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial.Kecanduan
bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan
terlebih dahulu. Orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu
bermain. Misal, memberikan waktu bermain pada hari libur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar