Selasa, 11 Desember 2012

PELANGI


Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama.



berawal dari cahaya matahari, cahaya matahari adalah cahaya yang terdiri dari beberapa warna atau sering disebut polikromatik. Cahaya yang bisa ditangkap oleh mata manusia dengan tanpa alat bantu hanya 7 warna yaitu warna merah, jingga, kuning, nila, dan ungu. Warna-warna tersebut disebut juga dengan cahaya tampak.

Cara menjelaskan pelangi kepada Anak Usia Dini
Pendidik dapat menjelaskan dengan cara
·         Guru membawa senter dan beberapa kantong plastik dengan dengan warna yang berbeda.
·         Plastik yang dibawa  ada yang bewarna merah, hijau, dan kuning.
·         Pendidik menyalakan senter dan memasukkanya ke dalam plastik yang bewarna merah maka warna yang terpancar dari senter itu tidak lagi putih namun akan bewarna merah, begiru juga dengan plastik yang selanjutnya.
·         Warna yang dipancarkan akan berbeda-beda walaupun sebenarnya warna asli cahaya senter adalah putih namun karena plastik pembungkusnya berbeda maka warna yang dipancarkan akan berbeda pula.
Begitu pula dengan cahaya matahari yang sebenarnya berwarna putih namun ketika melewati air hujan akan berubah menjadi beragam warna karena pembiasan yang terjadi karena melawati medium yang berbeda.

Permainan Membuat Pelangi Buatan

Sediakan alat-alat dan bahan seperti selang air, semprotan air, dan air. Cara permainan sainnya adalah menghubungkan ujung selang pada kran air dan ujung yang lain pada alat penyemprotan. Semprotan air, atur agar air keluar dengan percikan lembut seperti saat hujan gerimis. Perlu kamu ketahui bahwa kamu harus membelakangi matahari.
Contoh :
·         Minyak yang diteteskan pada air seperti minyak tanah,bensin,solar
·         Kaca mata berlensa yang dihadapi oleh matahari
Jika diantara hujan dan sinar matahari, dan sinar matahari berada di belakang si pengamat. Sehingga terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi. Akibatnya terbentuklahpelangi dari hasil pembiasan dan posisi pengamat tadi.

Pelangi memiliki 7 warna, yaitu : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Pelangi terjadi, jika cahaya matahari dibiaskan secara berganda oleh butir-butir air hujan sehingga terurai menjadi beberapa warna. Kalau kita perhatikan, cahaya matahari yang memancar seolah-olah hanya mempunyai satu warna, yaitu putih. Peruraian cahaya putih menjadi berwarna tersebut disebut dispersi warna. Deretan warna yang dihasilkan oleh dispersi warna disebut spektrum warna.

Kita dapat menguraikan warna putih matahari menjadi warna pelangi dengan melakukan percobaan berikut ini :


Alat dan Bahan :
  • Cermin datar
  • Baskom atau bak air
  • Air bening
  • Kertas manila putih

Langkah-langkah :
  1. Bawalah semua peralatan ke luar ruangan yang cukup sinar matahri.
  2. Aturlah baskom, cermin datar, dan kertas manila putih sehingga pantulan cahaya matahari dapat dipanulkan cermin ke kertas manila putih.
  3. Isilah baskom dengan air bening sampai hampir penuh.
  4. Pantulan cahaya putih yang tertangkap layar kertas manila putih akan menjadi beberapa warna pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar